User interface merupakan tampilan perangkat lunak yang berhadapan langsung dengan
pengguna. User interface memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan
kemudahan user menjalankan program.
Tujuan dari user interface adalah :
1. Mengurangi pekerjaan
a) Visual
b) Intelektual
c) Ingatan
d) motor/gerakan
2. Meminimalkan/menghilangkan kekhawatiran gaptek
Usability
Usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan ( Jakob Nielsen ). Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah situs. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah situs .
Lima komponen yang mendefinisikan Usability, yaitu :
a. Efficiency
b. Errors
c. Learnability
d. Memorability
e. Satisfaction
Tujuan dari usability adalah :
1. Efektif digunakan
2. Eļ¬sien digunakan
3. Aman digunakan
4. Punya utility yang baik
5. Mudah dipelajari
6. Mudah diingat bagaimana menggunakannya
User experience
User experience bisa berupa kesan yang diperoleh user setelah menggunakan suatu
perangkat lunak (juga termasuk website).
Tujuan dari user experience adalah :
1. Memuaskan
2. Menyenangkan
3. Menghibur
4. Menarik
5. Menumbuhkan kreatifitas
6. Bermanfaat
7. Mempengaruhi
8. Membantu user
9. Mengejutkan ( positif )
10. Memotivasi
11. Menantang
Hindari hal-hal yang menyebabkan user :
1. Bosan
2. Jengkel
3. Frustasi
pengguna. User interface memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan
kemudahan user menjalankan program.
Tujuan dari user interface adalah :
1. Mengurangi pekerjaan
a) Visual
b) Intelektual
c) Ingatan
d) motor/gerakan
2. Meminimalkan/menghilangkan kekhawatiran gaptek
Usability
Usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan ( Jakob Nielsen ). Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah situs. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah situs .
Lima komponen yang mendefinisikan Usability, yaitu :
a. Efficiency
b. Errors
c. Learnability
d. Memorability
e. Satisfaction
Tujuan dari usability adalah :
1. Efektif digunakan
2. Eļ¬sien digunakan
3. Aman digunakan
4. Punya utility yang baik
5. Mudah dipelajari
6. Mudah diingat bagaimana menggunakannya
User experience
User experience bisa berupa kesan yang diperoleh user setelah menggunakan suatu
perangkat lunak (juga termasuk website).
Tujuan dari user experience adalah :
1. Memuaskan
2. Menyenangkan
3. Menghibur
4. Menarik
5. Menumbuhkan kreatifitas
6. Bermanfaat
7. Mempengaruhi
8. Membantu user
9. Mengejutkan ( positif )
10. Memotivasi
11. Menantang
Hindari hal-hal yang menyebabkan user :
1. Bosan
2. Jengkel
3. Frustasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar